Read more: http://epg-studio.blogspot.com/2012/04/pasang-aneka-kursor-pada-blog.html#ixzz1yDMTGU2w

Rabu, 20 Juni 2012

Inggris Jumpa Italia Di Perempat-Final


Gol cepat Wayne Rooney di awal babak kedua gagal dibalas Ukraina. Skor 1-0 cukup mengantar Inggris ke tiket perempat-final sekaligus mengakhiri petualangan Ukraina di Euro 2012.

Wayne Rooney yang melakoni debut bersama Inggris di Euro 2012, menjadi pahlawan berkat golnya di awal babak kedua. Ya, sebuah tandukan striker Manchester United ke gawang Ukraina di laga terakhir penyisihan Grup D sudah cukup untuk mengantar The Three Lions ke perempat-final, sekaligus mengirim tuan rumah ke kotak eliminasi.






Tampil Donbass Arena, Senin (19/6) malam waktu setempat, The Yellow-Blues --julukan Ukraina-- tampil menyerang sejak menit awal meski tak diperkuat Andriy Shevchenko yang mengalami problem lutut.  Namun, banyak peluang emas yang gagal dimaksimalkan para pemain. Rooney justru berhasil mencuri gol di menit 47, saat tim lawan mencoba membangun serangan seperti di babak pertama.

Wasit Viktor Kassai dianggap membuat kontroversial ketika tidak mengesahkan gol Devic yang seharusnya bisa menyamakan kedudukan. Sepakan Devic sempat diblok Hart, namun akhirnya melaju ke dalam gawang tapi John Terry sukses menyapu bola. Dari tayangan ulang, si kulit bundar telah melewati garis gawang.

Dengan hasil ini, Inggris mengepak tujuh poin dan memuncaki klasemen Grup D sementara di saat bersamaan Prancis kalah 2-0 dari Swedia. Artinya, Inggris akan menghadapi Italia yang finis sebagai runner-up Grup C, Les Bleus sendiri berjumpa juara bertahan Spanyol di perempat-final.

Babak pertama


Ukraina memulai laga dengan inisiatif menyerang dan mendapat peluang pertama dari Konoplyanka, sayang sepakannya masih melebar jauh dari sasaran. Inggris justru kesulitan mendapatkan bola di menit-menit awal ini.

Tujuh menit laga berjalan, co-costs mendapatkan kans lewat sepakan jarak jauh Garmash, namun bola melayang di atas mistar. Tidak lama berselang, giliran Yarmolenko yang menebar ancaman ke kubu Inggris, beruntung lini belakang bergerak cepat sehingga bisa menyapu bola sebelum gelandang muda itu mendapatkan bola di kotak penalti.

Saat The Three Lions mash kesulitan mendapatkan bola, The Yellow-Blues kembali melancarkan serangan balik yang merepotkan barisan pertahanan lawan. Crossing Selin dari sisi kiri mampu dijangkau Milevskiy yang kemudian memberikannya kepada Devic, Scott Parker berhasil memblok bola untuk mengakhiri kemelut di depan gawang Joe Hart.

Inggris mencoba merespons dengan melancarkan serangan. Johnson mengirim umpan silang kepada Rooney, tapi Gusev berhasil menggagalkan peluang dan hanya membuahkan sepak pojok untuk skuat besutan Roy Hodgson. Pyatov berhasil meninju bola dan Inggris kehilangan peluang dari tendangan sudut.

Peluang untuk Ukraina kembali tercipta di menit 17, Konoplyanka melepaskan tembakan dari kotak penalti tapi membentur John Terry, Tymoshchuk mencoba memanfaatkan bola muntah sayang tendangan volinya masih melambung. Ukraina kembali membuat suporter Inggris cemas, sebuah sepakan keras nyaris mengoyak jala Hart, beruntung si kulit bundar hasil tendangan Gusev tipis saja melampau mistar gawang.

The Union Jack mendapatkan tendangan bebas 40 meter dari gawang, Gerrard mencoba memberikannya kepada Rooney tapi Pyatov dengan cepat mengantisipasi bola dan menghasilkan sepak pojok. Skor masih imbang tanpa gol setelah Rooney gagal memaksimalkan umpan silang Ashley Young dari sisi kiri.

Lagi-lagi The Yellow-Blues gagal membuka skor meski mendapat peluang emas, sepakan Yarmolenko dari kotak penalti terlalu lemah sehingga mudah saja diamankan Hart. Sepak pojok Gerrard mampu dijangkauTerry yang tak terkawal, tapi tandukannya gagal menemui target.

Tempo permainan lebih cepat selepas menit 30, tapi meski terjadi jual beli serangan dari kedua tim, skor kaca mata bertahan hingga turun minum.

Babak kedua

Inggris unggul cepat pascajeda. Baru dua menit sejak peluit kembali dimulainya pertandinga, Rooney berhasil membungkam publik tuan rumah. Berawal dari umpan Gerrard dari sisi kanan, Rooney tidak mendapat kawalan lini belakang tanpa kesulitan menanduk bola ke jala Pyatov.

Ketinggalan satu gol, Ukraina mencoba merespons dengan cepat, sayang corner-kick Konoplienka masih dihalau tandukan Lescott. Kembali Gusev mendapatkan kans menyamakan kedudukan, tapi sepakannya masih bisa ditepis Hart.

Inggris tidak lagi hanya menunggu serangan balik seperti yang diperagakan di babak pertama. Rooney berhasil mendapatkan bola dan berlari sendirian hingga kotak penalti, tapi pergerakannya langsung ditutup bek lawan. Rooney memberikan umpan kepada Milner, namun sepakan Milner bisa diblok.

Ukraina yang terlihat gugup mencoba membangun serangan. Tuan rumah seharusnya bisa menyamakan kedudukan di menit 61. Sepakan Devic berhasil disapu Terry, meski dari tayangan ulang bola sudah melewati garis gawang, namun wasit tidak mengesahkan gol tersebut.

Inggris bergerak cepat melancarkan serangan, Milner menyisir sisi kanan sebelum akhirnya melepaskan umpansilang, tapi berhasil diamankan Pyatov.

Blokhin tampaknya mulai frustrasi dengan keputusan wasit yang tidak melihat gol Devic. Shevchenko pun masuk menggantikan Devic yang tampil cukup gemilang di laga ini. Sementara arsitek Ukraina masih memprotes keputusan wasit di pinggir lapangan, Konoplyanka nyaris saja mengubah skor, namun Lescott dengan sigap membuang si kulit bundar.

Rooney berpeluang menggandakan keunggulan Union Jack setelah menerima corner Gerrard, tapi sundulannya dengan mudah diamankan Pyatov. Di menit 80, Nazarenko melepaskan tendangan percobaan dari luar kotak penalti, tapi bukan ancaman besar untuk Hart. Bola melambung tinggi di atas mistar.

Ukraina terus menekan pertahanan Inggris di sisa pertandingan, namun gagal mencetak gol sehingga petualangan mereka di Piala Eropa tahun ini harus berakhir.

Susunan pemain

Inggris: Hart, Johnson, Lescott, Terry, Cole, Milner, Parker, Gerrard, Young, Rooney, Welbeck
Cadangan: Green, Butland, Kelly, Baines, Jones, Jagielka, Walcott, Henderson, Downing, Oxlade-Chamberlain, Carroll, Defoe.

Ukraina: Pyatov, Gusev, Khatcheridi, Rakitskiy, Selin, Yarmolenko, Garmash, Tymoschuk, Konoplyanka, Devic, Milevsky
Cadangan: Koval, Goryainov, Kucher, Shevchuk, Mikhalik, Butko, Aliyev, Rotan, Nazarenko, Shevchenko, Voronin, Seleznyov.


0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih anda sudah mengomentari nya, by Blank Mountenering